ARTIKEL PENDIDIKAN EKONOMI
Pendidikan merupakan salah satu komponen masukan instrumental (input) yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan-tujuan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Biaya pendidikan memilki peranan yang sangat menentukan, hampir tidak ada upaya dalam pendidikan yang dapat mengabaikan peranannya.
Pendidikan Ekonomi di UNEJ merupakan suatu proses perkuliahan, dalam pembelajarannya yang sering kali digunakan istilah yang pada dasarnya dimaksudkan untuk menjelaskan cara, tahapan atau pendekatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam perkuliahan Pendidikan Ekonomi juga akan ada istilah strategi, atau metode dan teknik yang sering kali digunakan secara bergantian. Dan walaupun sebenarnya pada dasarnya istilah tersebut memiliki perbedaan satu dengan yang lain.
Pendidikan Program studi di UNEJ merupakan program studi pendidikan yang memiliki 3(Tiga) konsentrasi yaitu Pendidikan Ekonomi Koprasi, Pendidikan Administrasi, Perkantoran, dan Pendidikan Akuntansi. Program studi ini telah di Agreditasi B berdasarkan keputusan badan Agreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.008/BAN-PT/AK-XIII/SI/V/2009.
Program studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu progaram study yang baik, karna memiliki daya saing dan menjadi sebuah organisasi belajar ( Learning Organitation) yang unggul baik dilingkungan Universitas Jember (UNEJ) maupun Universitas lainnya. Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi Pendidikan Ekonomi adalah sarjana pendidikan (S.Pd).
Pendidikan Ekonomi di UNEJ juga dapat menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dibidang Pendidikan Ekonomi pada tingkat SLTP, SMU, SMK, dan Sekolah lainnya.Pendidikan Ekonomi di UNEJ juga dapat mempersiapkan tenaga ahli dan terampil untuk mendidik calon WiraUsaha, dibidang Pendidikan Ekonomi baik konsentrasi Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi maupun Ekonomi Koprasi.
Pendidikan Ekonomi di UNEJ mampu membentuk kepribadian yang stabil, dewasa, aktif dan beribawa. Mampu menjadi teladan bagi peserta didik yang mempunyai ahlak mulia.
Pendidikan Ekonomi juga mampu menumbuhkan motofasi anak didik sesuai dengan tuntutan profesi keguruan dalam mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Pendidikan ekonomi di UNEJ merupakan sebuah ekonomi pendidikan yangmampu menguasai materi dan ketrampilan yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang ekonomi yang meliputi tenaga administrasi dan tenga koperasi. Pendidikan Ekonomi di UNEJ juga mampu mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan penelitian kaji tindak, menguasai dan mampu mengopersikan alat-alat teknologi dengan terampil dan mampu berkewira usahaan.
Pendidikan Ekonomi di Universitas Jember (UNEJ)juga merupakan pendidikan yang memiliki  peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karna dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan ekonomi mempelajari fertilisasi masyarakat dan kehidupan –kehidupan dalam masyarakat karna Pendidikan Ekonomi itu bukan hanya mempelajari perekonomian dalam dunia pendidikan melainkan juga mempelajari kehidupan- kehidupan didalam masyarakat.

Pendidikan Ekonomi di UNEJ juga terdapat banyak organisasi, salah satu organisasinya yaitu organisasi HMP dan organisasi PDMO yang biasanya disitu banyak etrdapat berbaigai kerja sama yang cukup baik. Pendidikan Ekonomi di UNEJ merupaka Pendidikan yang sangat ramah karna didalam pendidikan Ekonomi di UNEJ tidak mengikat pada individu tetapi menekankan pada sosialisasi atau kebersamaan.
Pendidikan Ekonom i di unej juga terdapat banyak dosen yang profesional dan sangat ramah karna dosen – dosen program studi mengajarkan dengan sangat baik tentang studi pendidikan atau materi pendidikan yang sangat mudah untuk di pahami. Pendidikan Ekonomi di UNEJ adalah sebuah pendidikan yang banyak mengajarkan atau memberi pengertian tentang arti sebuah organisasi.
Pendidikan Ekonomi juga memiliki fasilitas , yaitu beberapa fasilitas yang tersedia di FKIP Pendidikan Ekonomi :
1.      Ruang kelas yang cukup memadai
2.      Free hostpot Area. Gedung FKIP Universitas Jember memiliki free hostpot area , sehingga memudahkan mahasiswanya dalam menyelesaikan tugas – tugasnya.
3.      Perpustakaan mini . Pdad saat ini fakultas keguruan dan ilmu pendidikan memiliki perpustakaan sendiri yang dikelola oleh organisasi prees dan jurnal pendidikan ekonomi Universitas Jember. Dalam perpustakaan tersebut tersedia berbagai macam buku yang diperlukan oleh mahasiswa dalam mendukung dan memudahkan dalam proses pembelajaran.
4.      Kantin. Didalam kantin ini tersedia berbagai kebutuhan oleh mahasiswa yaitu berupa makanan, seperti makana ringan, jus, susu kedelai, dan lain sebaginya.
5.      Toilet. Memiliki fasilitas toilet untuk dosen dan mahasiswa.
6.      Area parkir. Area Parkir untuk mobil dan sepeda motor yang memadai dengan penjagaan oleh satpam, sehingga keadaanya di jamin Aman.

Pada perkembangan selanjutnya, program studi Pendidikan Ekonomi semakin berkembang dengan berbagai prestasi pendukung yang telah diraih. Sampai pada tahun 2014 Program Studi Pendidikan Ekonomi dapat meraih prestasi sebagai prodi berprestasi se Universitas jember.
Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember kedepan memiliki prospek yang sangat baik, karena peluang kebutuhan guru pendidikan ekonomi semaki meningkatpada setiap jenjang sekolah, disamping itu respon dan minat masyarakat terhadap pendidikan relatif besar. Kondisi ini ditunjukkan oleh bertambahnya permintaan sekolah – sekolah terhadap guru – guru bidang studi ekonomi seiring dengan bertambahnya jumlah sekolah yang ada serta besarnya animo lulusan SLTA/SMK yang ingin masuk menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Kondisi tersebut diatas di dukung oelh berkembangnnya sistem informasi melalui jaringan internet dan E-mail Fakultas, jurusan dan program dan berkembangnya penyebaran informasi melalu media massa maupun kelompok alumni.
Pendidikan Ekonomi juga pernah menggelar acar Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 2015 dengan mengusung tema “Pendidikan Tranformation”. Seminar ini mengahdirakan dua pembicara yang merupakan rektor dari Universitas Negri di Jawa Timur yaitu : Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof.Dr.Warsono.M.S dan Rektor Universitas Jember,Drs.Moh.Hasan, M.Sc, PH.D.acara ini di gelar pada tanggal 31 Oktober 2015 di Gedung soetarjo Universitas Jember.

Pendidikan Ekonomi di UNEJ atau yang biasa dikenal dengan PE merupakan salah satu program studi (Prodi) dari jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial di Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan Universitas Jember. Program studi (prodi) pendidikan ekonomi (PE) memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga kependidikan, baik guru maupun non guru yang profesional dibidang ekonomi untuk Sekolah Menengah  Umum maupun Sekolah Menengah Kejuruan Kelopok Bisnis Manajemen serta lembega- Lembaga Pendidikan lain.
Tujuan lainnya adalah menyiapakn lulusan untuk dapat menguasai ilmu Ekonomi, Manajemen, KewiraUsahaan,Akuntansi, dan praktek komputer yang memungkinkan lulusannya bekerja didunia Usaha maupun Pemerintah. Bedasarkan Pengalaman, mereka mampu bersaing dengan lulusan-lulusan fakultas non keguruan, baik Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negri. Berdasarkan Informasi kelulusan Pendidikan Ekonomi (PE) dari tahun ke tahun sebelumnya, mahasiswa yang sudah menempuh S1 Program Studi (Prodi) ,70% bekerja disuatu perusahaan, sadangkan 30% lainnya berprofesi sebagai tenaga pendidik di Sekolah Menengah Pertama  (SMP), Madrasah Tasnawiyah (MTS), Sekolah Menengah Atas (SMA), maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),  baik sekolah negeri maupun swasta  hal ini menunjukkan bahwa dalam menuntut ilmu, juga dibutuhkan LIFE SKILL  (Kemampuan) untuk mengembangkan bakat yang melekat pada diri masing-masing individu, sehingga kelak ketika lulus akan menjadi pribadi yang kuat mental dalam menghadapi persaingan Hidup yang semakin Komples.

Komentar

Postingan populer dari blog ini